Search
Generic filters
Exact matches only

Surga Dunia dari Letusan Gunung Purba Dieng

0
6 months ago

Di dataran tinggi Dieng terdapat sebuah telaga yang konon dipercaya sebagai tempat mandi para dewa-dewi bernama Telaga Warna. Disebut demikian karena telaga yang cantik dan unik ini dapat berubah-ubah warna airnya dari biru, hijau, kuning, bahkan pelangi. Perubahan warna yang terjadi sebenarnya berasal dari kandungan sulfur yang cukup tinggi di dalamnya dan terkena oleh sinar matahari. Menurut penelitian, telaga ini terbentuk karena letusan Gunung Purba Dieng pada ratusan juta tahun yang lalu, maka tidak heran kandungan sulfurnya cukup tinggi. Namun menurut masyarakat sekitar warna-warni yang ditimbulkan oleh telaga ini berasal dari bangsawan zaman dahulu yang perhiasannya jatuh ke telaga.

Akan tetapi, bagaimanapun terjadinya Telaga Warna yang berada di ketinggian 2000 mdpl dan menjadikannya telaga tertinggi di pulau Jawa ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan cantik. Telaga ini dikelilingi oleh bukit-bukit dan harus mendaki salah satunya untuk bisa menikmati keindahannya. Keindahan alam yang disajikan di telaga ini memang sangat memanjakan mata dan bagi siapapun yang memiliki hobi fotografi, maka cocok jika berkunjung ke sini karena telaga ini memiliki spot yang memanjakan mata dan sangat cantik untuk didokumentasikan, seperti Telaga Pengilon, Goa Semar, Goa Sumur, Goa Jaran, dan Gua Pengantin di sekitarnya. Telaga ini juga bisa dinikmati dari jarak jauh melalui Batu Ratapan angin. Bagi siapapun yang ingin mengunjungi telaga nan cantik ini disarankan pagi hari hingga siang hari, karena menjelang sore daerah di sekitarnya akan diselimuti oleh kabut.

Akses menuju Telaga Warna pun cukup mudah. Berjarak 30 km dari pusat Wonosobo yang bisa ditempuh selama 45 menit hingga 1 jam dan hanya berjarak 800 m dari Desa Dieng. Bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi, namun yang perlu digaris bawahi adalah kendaraan yang digunakan harus dalam keadaan baik karena medan jalan yang dilewati berliku dan menanjak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode