Search
Generic filters
Exact matches only

Surga Dunia yang Tersembunyi di Tengah Taman Nasional Kerinci Seblat

0
6 months ago

Surga dunia yang tersembunyi kali ini berasal dari Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi lebih tepatnya di kaki Gunung Batuah. Danau Kaco yang merupakan danau berwarna kebiruan dan sangat jernih seperti kaca. Apalagi ketika bulan purnama tiba, danau ini dapat mengeluarkan cahaya yang sangat terang, bahkan pengunjung tidak memerlukan alat bantu penerangan karena saking terangnya cahaya yang dikeluarkan oleh danau ini. Rindangnya pepohonan dan sejuknya udara di sekitar danau juga dapat memanjakan para pengunjung yang datang.

Akan tetapi, akses untuk menuju danau ini bisa dibilang cukup sulit dan memakan waktu yang sangat lama. Jika melalui jalur darat bisa dimulai dari Kota Jambi ke Sungai Penuh, sedangkan jarak antara Kota Jambi ke Sungai Penuh sendiri sekitar 500 km dengan waktu tempuh 10-11 jam. Setelah itu, dari Sungai Penuh dilanjutkan perjalanan ke desa terdekat, yaitu Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Perjalanan dengan kendaraan membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Jika sudah tiba di desa tersebut maka perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri hutan selama 3-5 jam. Jadi dari kota Jambi hingga Danau Kaco memakan waktu sekitar 14-17 jam.

Meskipun waktu perjalanan yang ditempuh cukup lama tetapi semua itu akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang masih asri dan keindahan alam dari surga dunia yang masih tersembunyi ini. Banyak pengunjung atau wisatawan yang tertarik untuk melihat keindahannya secara langsung, apalagi saat bulan purnama datang. Mereka rela menginap di pinggir danau untuk menyaksikan keindahan cahaya Danau Kaco akibat pantulan cahaya bulan. Akan tetapi, karena letaknya yang berada di Tengah Taman Nasional Kerinci Seblat dan aksesnya pun cukup jauh, fasilitas yang disediakan belum cukup memadai. Para pengunjung atau wisatawan yang ingin menginap harus membawa perlengkapan untuk berkemah dan logistik sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode