Search
Generic filters
Exact matches only

SWASTAMITA 2021: The Spiritual Revolution

0
2 months ago

Bandung, Telkom University – Telkom University sebagai PTS No. 1 di Indonesia terus menciptakan karya-karya kreatif yang beragam. Hal ini tercermin dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, salah satunya yaitu acara SWASTAMITA 2021.

SWASTAMITA merupakan rangkaian pameran karya dan pagelaran busana tahunan yang menampilkan karya-karya para mahasiswa Program Studi S1 Kriya Tekstil dan Fashion dan tahun ini merupakan tahun keempat SWASTAMITA digelar. Faradillah Nursari, B.Des., M.Ds selaku Ketua Program Studi S1 Kriya Tekstil dan Fashion menjelaskan bahwa pada SWASTAMITA 2021 ini karya-karya yang dipamerkan menunjukkan proses panjang, mulai dari tahapan pengembangan gagasan, pengembangan desain hingga menjadi sebuah karya, serta turut menunjukkan berbagai kreativitas dan karakter para desainer yang tidak terlepas dari berbagai pengaruh lingkungan dan kebiasaan sebagai bangsa Indonesia yang sejalan dengan perkembangan zaman.

“SWASTAMITA 2021 ini memamerkan karya kriya, aksesoris dan busana terbaik dari perkuliahan Studio 7 yaitu Design Fashion mata kuliah Basic Fashion, Fashion Accessories dan mata kuliah lain yang serta Tugas Akhir mahasiswa Program Studi 1 Kriya Tekstil dan Fashion pada periode tahun 2020-2021,” jelasnya.

Faradillah menambahkan dalam situasi pandemi COVID-19 yang serba terbatas ini, tidak menyurutkan semangat para sivitas akademika Program Studi S1 Kriya Tekstil dan Fashion untuk tetap menyelenggarakan SWASTAMITA 2021. Keterbatasan yang dihadapi membuahkan konsep baru, yaitu diselenggarakannya SWASTAMITA 2021 secara daring untuk semua rangkaian kegiatan yang telah direncanakan. Harapannya dengan konsep baru, SWASTAMITA 2021 dapat menawarkan suatu pengalaman baru.

SWASTAMITA 2021 diselenggarakan pada 13-15 Oktober melalui ZOOM Meeting dan Youtube dan terdiri dari tiga rangkaian acara yaitu virtual exhibition, virtual fashion show dan creative talks.

Prof. Dr. Adiwijaya selaku Rektor Telkom University menjelaskan bahwa SWASTAMITA 2021 ini mengusung tema ‘The Spiritual Revolution’, yaitu semangat untuk lebih memperhatikan filosofi hidup dan menghargainya, terutama di masa pandemi seperti sekarang, serta berusaha terus menggali berbagai kemungkinan untuk berekspresi berbagai ide baru.

“Kami juga berharap acara ini dapat memperkenalkan kearifan lokal Indonesia secara global melalui pameran virtual, peragaan busana virtual, dan pembicaraan kreatif . Semoga acara ini dapat memberikan dampak yang besar dalam jangka pendek dan jangka panjang di Kriya Tekstil dan Fashion tidak hanya untuk Telkom University, tetapi juga untuk global.”

Ahda Yunia Sekar, SSn., M.Sn selaku Kurator pada acara ini mengatakan bahwa acara ini dibuat sebagai wadah mengekspresikan diri melalui karya seni ditengah keterbatasan pandemi COVID-19. SWASTAMITA 2021 yang menampilkan lebih dari 150 karya ini dapat disaksikan melalui pameran dan fashion show virtual pada laman bit.ly/SWASTAMITA2021.

“Selain pengalaman baru, diharapkan melalui SWASTAMITA 2021 dapat memperluas jejaring kerja sama Program Studi S1 Kriya Tekstil dan Fashion dengan para pelaku Industri Kreatif Tanah Air, serta berkontribusi menambah referensi pengetahuan dalam pelaksanaan kegiatan pameran dan pagelaran busana pada ranah Kriya. Tidak lupa, dengan adanya kegiatan ini tentunya menjadi kegiatan publikasi bagi seluruh mahasiswa/mahasiswi Program Studi S1 Kriya Tekstil dan Fashion.”

Bandung, Telkom University – Telkom University sebagai PTS No. 1 di Indonesia terus menciptakan karya-karya kreatif yang beragam. Hal ini tercermin dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, salah satunya yaitu acara SWASTAMITA 2021. SWASTAMITA merupakan rangkaian pameran karya dan pagelaran busana tahunan yang menampilkan karya-karya para mahasiswa Program Studi S1 Kriya Tekstil dan Fashion dan tahun iniRead MoreTelkom University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode