Search
Generic filters
Exact matches only

Tabir Surya, Padahal Beraktivitas di Rumah. Apakah Perlu?

0
8 months ago

Dalam rangka mengikuti himbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing guna meminimalisir penyebaran COVID-19, kegiatan yang biasanya dilakukan di luar rumah, seperti bekerja, kuliah, sekolah, dan yang lainnya kini harus dilakukan di rumah. Perubahan aktivitas ini membuat masyarakat khususnya para wanita juga berubah dalam hal perawatan kulit. Mereka tidak menggunakan makeup dan tabir surya yang berfungsi untuk memblokir masuknya sinar ultraviolet ke dalam kulit. Lalu apakah ketika di rumah masih perlu menggunakan tabir surya yang bahkan tidak akan terpapar sinar matahari sekalipun?

Menurut Direktur Cosmetic and Clinical Research asal New York, Dr. Joshua Zeichner, selain memblokir masuknya sinar ultraviolet ke dalam kulit, tabir surya juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan kulit yang disebabkan oleh blue light. Blue light merupakan sinar yang memiliki energi tinggi, sinar ini dihasilkan oleh lampu dan beberapa peralatan elektronik seperti laptop, handphone, tablet, lampu LED, dan TV. Kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ini adalah perubahan warna kulit, inflamasi, dan penuaan dini.

Salah satu dokter kulit di California, yaitu Joyce Park juga menjelaskan bahwa sebuah kesalahan jika tidak memakai tabir surya selama di rumah pasalnya selain dari sinar biru, sinar ultraviolet A yang dapat menembus kaca juga menjadi ancaman bagi kesehatan kulit. Oleh karena itu, tabir surya sebaiknya tetap digunakan meskipun beraktivitas di rumah, mengingat beberapa ruang kerja di rumah yang dekat dengan jendela dan beraktivitas dengan benda-benda yang memancarkan sinar biru. Lalu agar perlindungan maksimal sebaiknya menggunakan tabir surya dengan broad spectrum minimal SPF 30, terutama di area yang paling sering terpapar sinar-sinar tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode