Search
Generic filters
Exact matches only

Tak Hanya Obat, Makanan dan Minuman Ini Mampu Turunkan Kolesterol

0
7 months ago

Kolesterol tinggi bisa terjadi pada siapa saja tanpa mengenal usia. Sebenarnya kehadiran kolesterol dalam tubuh bermanfaat untuk membantu pembentukan sel-sel sehat. Namun, jumlah kolesterol dalam tubuh yang berlebih justru dapat menyebabkan masalah kesehatan. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan terbentuknya plak yang akan menyumbat pembuluh darah yang bisa mengakibatkan seseorang terserang stroke dan penyakit jantung.

Ada banyak cara untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain obat-obatan, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Wortel. Sayuran yang satu ini ternyata mengandung serat seperti selulosa, hemiselulosa, lignin yang dapat memperbaiki penyerapan kolesterol pada saluran pencernaan sehingga kadar kolesterol dalam darah bisa menurun.

Bayam. Sayuran hijau yang satu ini sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Seratnya yang sangat banyak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Kale. Kale merupakan sayuran yang mirip seperti bayam. Di dalam kale terdapat lutein dan karotenoid yang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan lutein dapat mencegah kolesterol terikat ke dinding arteri.

Kacang-kacangan. Kacang-kacangan menjadi salah satu makanan penurun kolesterol. Di dalam kacang-kacangan terkandung fitosterol yang dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

Okra. Jenis sayuran yang satu ini mengandung banyak serat. Dalam setiap 100 gram okra, terdapat 3,2 gram serat. Serat tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Oat. Jenis makanan yang satu ini mengandung beta glucan yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Glucan juga berperan untuk mengurangi penyerapan kolesterol yang berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Teh hijau. Teh hijau menjadi salah satu minuman herbal yang banyak disukai orang. Dalam teh hijau mengandung kandungan katekin yang ternyata mampu mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

Susu kedelai. Minuman yang satu ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena mengandung isoflavon. Isoflavon yang tinggi juga bisa ditemukan di makanan temped dan tahu yang pastinya dapat menurunkan kadar kolesterol juga.

Makanan dan minuman tersebut dapat menjadi alternatif untuk yang memiliki kolesterol tinggi. Tidak hanya mengkonsumsi makanan dan minuman diatas saja, kita juga perlu menerapkan pola hidup sehat agar kadar kolesterol dalam batas normal dan agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode