Search
Generic filters
Exact matches only

Tak Perlu Malu, Karena Ada Banyak Manfaat di Balik Kentut

0
7 months ago

Setiap orang pasti pernah kentut dan mengalaminya hampir setiap hari. Kentut merupakan hal yang wajar terjadi. Namun sebagian orang menganggap kentut adalah hal yang menjijikan. Pasalnya, kentut biasanya akan menimbulkan aroma tidak sedap yang dapat mengganggu orang lain di sekitarnya.

Dalam dunia medis kentut disebut juga flatulensi. Kentut merupakan proses alami yang merupakan bagian dari sistem pencernaan. Bau khas yang dihasilkan oleh kentut berasal dari metana dan sulfur, serta pengaruh dari makanan tertentu yang dikonsumsi. Namun, di balik semua itu ternyata kentut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Melalui kentut kita dapat mengetahui bahwa makanan sehari-hari yang dikonsumsi sudah seimbang. Dengan mengkonsumsi menu makanan yang seimbang, makanan akan masuk ke dalam proses pencernaan. Dari berbagai macam makanan tersebut akan menghasilkan banyak gas dan membuat anda mengeluarkan kentut. Beberapa jenis karbohidrat juga tidak dapat langsung terurai dalam pencernaan. Akibatnya makanan akan difermentasi terlebih dahulu di dalam usus besar. Saat proses fermentasi terjadi akan menghasilkan gas yang dikeluarkan saat kentut.

Perut kembung dapat teratasi melalui kentut. Kondisi kembung terjadi karena adanya udara yang terjebak di dalam saluran pencernaan dan tidak bisa dikeluarkan dari tubuh. Saat jumlah gas terlalu banyak dan berlebihan, hal tersebut membuat perut terasa begah dan tidak nyaman. Melalui kentut, udara yang terjebak dapat keluar dari tubuh. Kentut juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus besar. Terkadang beberapa orang justru memilih untuk menahan kentut daripada melepaskannya karena malu. Padahal gas yang tersimpan di dalam perut dalam waktu yang cukup lama dapat mengiritasi usus besar dan menyebabkan masalah kesehatan.

Sebuah penelitian dari University of Exeter, Inggris merilis sebuah studi dari Medicinal Chemistry Communications yang mengungkapkan bahwa bau yang dihasilkan dari aktivitas kentut ternyata bisa meminimalisir risiko penyakit stroke, hati, hingga arthritis. Kandungan hidrogen sulfida yang menjadi penghasil bau kentut diyakini dapat melindungi sel mitokondria agar tidak mengalami kerusakan. Manfaat lain dari kentut adalah kita bisa merasa lega dan menghasilkan efek Bahagia. Hal tersebut terjadi karena gas yang menumpuk di dalam tubuh pastinya akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Ketika gas tersebut keluar maka tubuh pun akan merasa lega.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode