Search
Generic filters
Exact matches only

Taman Nasional Way Kambas

0
6 months ago

Jika kalian berada di daerah Lampung maka tidak ada salahnya kalian mengunjungi Taman Nasional Way Kambas. Taman Nasional Way Kambas atau biasa di singkat dengan TNWK merupakan suatu taman nasional yang berfungsi untuk melindungi gajak-gajak yang berada di Kawasan daerah lampung. Lokasi TNWK sendiri berada di kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia.

Selain ada gajah yang dilindungi, di TNWK juga terdapat beberapa hewan yang hampir punah seperti badak sumatera, harimau sumatera, mentok rimba dan buaya sepit. Tidak hanya fauna saja, bahkan flora yang dilindungi pun juga ada di TNWK, ada beberapa macam flora seperti api-api, pidada, dan nipah.

Taman Nasional Way Kambas sendiri terbentuk pada tahun 1985 dimana ketika itu merupakan suatu sekolah untuk gajah pertama yang ada di Indonesia. Sebelum menjadi Taman Nasional Way Kambas, tempat tersebut bernama Pusat Latihan Gajah atau PLG, namun selang beberapa tahun nama tersebut berubah dan menjadi Pusat Konservasi Gajah atau PKG. Dengan nama yang berubah menjadi PKG diharapkan agar mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembang biakan dan konservasi. Saat ini PKG memiliki gajah yang dilatih sebanyak 300 ekor yang sudah disebar ke seluruh penjuru Indonesia.

Namun siapa yang menyangka bahwa Taman Nasional Way Kambas pernah mengalami kerusakan habitat yang cukup parah ketika Kawasan tersebut dibuka untuk hak pengusahaan hutan, kerusakan habitat tersebut terjadi pada tahun 1968 sampai dengan 1974.

Kesimpulannya bahwa Taman Nasional Way Kambas merupakan Kawasan yang bertujuan untuk melestarikan alam, satwa liar yang bisa dibilang hampir punah dan beberapa tanaman yang ada di dalamnya. Jadi jika kalian sedang ada di daerah Lampung maka tidak ada salahnya untuk mampir ke Taman Nasional Way kambas karena kalian di sana bisa melihat berbagai macam binatang yang dilindungi khususnya gajah sumatera. Namun perlu diingat ya, jika kalian pergi ke sana maka sangat diharapkan untuk menjaga alamnya dengan contoh kecil tidak membuang sampah sembarang di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode