Search
Generic filters
Exact matches only

Tanaman Pembersih Udara Dalam Ruangan

0
7 months ago

Pernah berpikir kalau udara di dalam rumah justru lebih bersih daripada di luar ruangan? Tidak hanya di luar rumah, ternyata di dalam rumah juga bisa menyimpan polutan dan berbahaya bagi kesehatan. Ruangan yang sumpek dan hampir selalu tertutup memungkinkan zat polutan untuk berkumpul hingga kemudian menumpuk dalam jumlah yang besar.

Beberapa polutan seperti formalin, benzene, trichloroethylene, ammonia, karbon monoksida, dan nitrogen oksida banyak terdapat di dalam rumah. Polutan tersebut bisa menyebabkan sick building syndrome seperti sakit kepala, pusing, mual dan iritasi pada mata, telinga, dan hidung.

Ada beberapa cara untuk mengurangi polutan di dalam rumah, salah satunya dengan memelihara tanaman hias di dalam ruangan. Beberapa tanaman hias tidak hanya mempercantik rumah tapi juga bisa membersihkan udara di rumah.

Lidah buaya menjadi salah satu tanaman yang dapat menyingkirkan formalin dan benzene di dalam ruangan. Lidah buaya juga berperan sebagai peninjau kadar polusi yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik coklat di permukaan daun lidah buaya jika kadar polutannya tinggi.

Bunga krisan adalah salah satu tanaman hias yang banyak dicari untuk dekorasi rumah. Ternyata dalam studi NASA, krisan merupakan peringkat pertama sebagai filter polutan terbaik. Bunga yang satu ini dapat mengusir berbagai jenis polutan seperti ammonia, benzene, dan xylene di dalam ruangan.

Siapa yang tidak tahu bunga lili? Ya, tanaman hias yang satu ini menjadi tanaman yang dapat mengatasi masalah polutan di dalam ruangan. Jenis tanaman lili terbaik yang dapat menyaring diantaranya peace lily, flamingo lily,dan lilyturf. Lili mampu menyaring berbagai polutan seperti amonia, benzena, formalin, dan trichloroethylene.

Dracaena atau yang biasa disebut tanaman “Bambu Rezeki” juga menjadi tanaman di dalam ruangan yang dapat mengurangi polutan. Dengan dedaunan yang panjang dan lebar, tanaman yang satu ini dapat menangkal formalin, xylene, toluene, benzene, dan trichloroethylene.

Kalau tanaman hias yang satu ini bernama lidah mertua atau snake plant menjadi tanaman yang paling tahan banting. Tanaman ini tidak perlu sering-sering disiram karena akan tetap tumbuh di segala kondisi ruangan. Lidah mertua mampu menyerap polutan seperti formalin, benzene, xylene, dan trichloroethylene.

Tanaman-tanaman tersebut tidak hanya sebagai tanaman hias saja tetapi dapat membersihkan udara dan mengurangi polutan di dalam ruangan kita. Dengan perawatan yang baik, tanaman akan tumbuh subur di dalam ruangan dan kita akan mendapatkan manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode