Search
Generic filters
Exact matches only

Taxi Drone ini Asal Indonesia!

0
8 months ago

Kalian tentu tau alat yang disebut drone kan? Drone yang merupakan pesawat tanpa awak ini telah digunakan untuk berbagai macam fungsinya. Drone dapat mengangkut barang dan juga memiliki fungsi untuk kebutuhan militer. Drone juga bisa digunakan untuk merekam atau mengambil gambar suatu objek yang sulit dijangkau manusia dari ketinggian.

Selain beberapa kegunaan yang sudah disebutkan sebelumnya, drone juga memiliki fungsi yang lain lho! Start Up asal Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Indonesia, yaitu Frog Indonesia menciptakan taxi drone yang dapat membawa penumpang 2 orang dengan berat 200 kilogram! Riset pembuatan drone ini telah dilakukan sejak 2017.

Bahkan, drone ini telah melakukan uji coba pertamanya pada 7 Maret 2020 kemarin!

Uji coba ini dilakukan di Lapangan Udara Gading, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (7/3/2020). Drone yang diuji coba kali ini adalah drone generasi ke dua dari drone sebelumnya.

“Namanya itu Frogs 282, yang berarti dua penumpang dengan delapan mesin, dan merupakan generasi kedua,” ungkap Asro Nasiri, Co Founder Frogs Indonesia. Uji coba yang dilakukan ini tibak boleh terbang tinggi, “Uji coba memang tidak boleh tinggi ya, karena harus melewat beberapa proses,” ucap Asro.

Chief Technology Official (CTO) Frog Indonesia Dedi Satria Maulana mengatakan, uji coba tahap pertama untuk menemukan sejumlah masalah di drone tersebut. Mereka sudah cukup puas karena 8 mesing yang ada pada drone tersebut sudah bisa bekerja untuk mengangkat body drone-nya.

Dedi menjelaskan, “Ada beberapa parameter masukkan yang penting semua motornya berfungsi. Dan motornya cukup kuat untuk mengangkat wahana, beberapa sentimeter di atas tanah.”

“Limit motornya perlu kita naikkan karena mengingat di sini kemungkin karena dingin dan agak lembab udaranya, jadi masa jenis udara agak berat,” jelas Dedi.

Dedi menambahkan, motor udara drone kurang bisa stabil. “Tapi sudah terangkat sudah cukup kuat,” ucap Dedi menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode