Search
Generic filters
Exact matches only

Teknologi: Aku Bisa Mengontrol Manusia

0
8 months ago

Generasi Z atau generasi milenial telah mendominasi kehidupan di era sekarang ini. Menurut Elwood Carlson menyebutkan bahwa  generasi milenial adalah mereka yang lahir pada tahun 1980 an sampai dengan 2000 an. Menurut Profil Milenial Indonesia yang dibuat oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan Badan Pusat Statistik salah satu ciri generasi milenial yaitu akrab dengan penggunaan teknologi. Bahkan sampai ada slogan di kalangan generasi milenial “No Gadget No Life”. Bagi mereka, teknologi menawarkan banyak kemudahan serta ditambah dengan akses internet yang tak terbatas dapat mempengaruhi generasi milenial untuk memperoleh segala sesuatunya serba cepat dan instan, mereka tak ingin menunggu lama. Hal ini membuat teknologi ini digemari generasi milenial. Dalam sehari mereka bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam di layar laptop, hp, tablet atau beberapa jenis gadget lainnya. Tujuannya pun bermacam-macam dari mencari tugas kuliah, bekerja, berkomunikasi jarak jauh atau hanya sekedar menjelajah dunia maya.

Teknologi ini sering membuat manusia menjadi apatis, malas, dan terlena. Ketika berkumpul bersama teman, kerabat, maupun saudara masih terlihat banyak yang sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Ketika Lebaran atau Hari Natal tiba, tidak sedikit orang yang hanya mengucapkan selamat dengan melalui telepon atau mengirim pesan dengan menggunakan template yang sama kepada para kerabatnya dan tidak mendatangi langsung kerabatnya. Selain itu, anak-anak pun lebih senang bermain game di gadget daripada memainkan permainan tradisional bersama teman-teman sebayanya. Orang-orang pun lebih senang menggunakan waktu luangnya untuk berbaring dan berselancar di dunia maya daripada melakukan kegiatan lain, seperti berolahraga, berkebun, memasak, atau yang lainnya. Kegiatan tersebut apabila dilakukan secara terus menerus maka akan menjadi kebiasaan yang tidak baik dan dapat memberikan dampak buruk bagi kehidupan.

Akan tetapi, jika mereka dapat menggunakannya secara bijak dan tepat maka teknologi akan sangat membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan. Seperti pada kondisi saat ini, yang mengharuskan masyarakat untuk #StayHome karena wabah COVID-19, teknologi dapat digunakan sebagai sarana untuk mengakses beberapa tempat tanpa harus pergi keluar rumah, seperti work from home, online class, online shopping, dan berobat pun bisa dalam jaringan. Jadi banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dengan adanya teknologi. Namun dalam penggunaannya harus tetap dikendalikan dengan baik, jangan sampai teknologi yang mengendalikan penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode