Search
Generic filters
Exact matches only

Teknologi-Teknologi Canggih yang Ada dalam Dunia Sepak Bola

0
6 months ago

Perkembangan teknologi dijaman sekarang semakin pesat. Teknologi-teknologi ini sangat berguna dikehidupan kita untuk melakukan aktivitas sehari-sehari. Dunia sepak bola pun tak luput dari bantuan teknologi. Teknologi-teknologi yang ada di sepak bola ini sangat membantu untuk memberikan keadilan bagi kedua tim yang bertanding. Adanya teknologi ini juga dapat membantu wasit untuk memimpin jalannya pertandingan.

Kalian tentunya masih ingat kan dengan tendangan Frank Lampard ke arah gawang Jerman pada perempat final Piala Dunia pada tahun 2010? Saat tayangan ulang tendangan Lampard tersebut ditampilkan, tampak bola sudah melewati garis gawang timnas Jerman, namun wasit tidak memberikan gol tersebut kepada Inggris yang saat itu dibela Lampard.

Atau saat Nigel De Jong memberikan tendangan kungfu ke dada Xabi Alonso dengan sengaja di ajang yang sama dan hanya mendapatkan kartu kuning. Padahal setelah pertandingan tersebut banyak media dan pentonton pertandingan saat itu berpendapat kalau De Jong saat itu lebih pantas diberikan kartu merah.

Kalau mau mundur ke belakang kalian juga pasti familiar sama gol tangan tuhan yang dilakukan Maradona di perempat final Piala Dunia tahun 1986 saat melawan Inggris. Gol tersebut disahkan wasit sehingga ikut andil dalam lolosnya Argentina ke putaran semi final.

Untuk itulah induk sepak bola dunia, FIFA mengembangkan teknologi-teknologi yang bisa diterapkan di sepak bola agar menghindari kontroversi-kontroversi tersebut terulang kembali di masa depan. Teknologi-tekonlogi itu memiliki fungsinya masing-masing dan sudah diterapkan dipertandingan-pertandingan resmi.

Penasaran nggak sama teknologi-teknologi tersebut? Yuk, langsung aja disimak

  1. Goal Line Technology

Teknologi pertama yang ada pada sepak bola adalah goal line technology. Teknologi ini membantu untuk menentukan apakah bola sudah masuk ke gawang atau belum. Teknologi ini mulai dikembangkan menyusul hadirnya keputusan kontroversial dari wasit terkait penganuliran gol, salah satunya adalah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu gol Frank Lampard ke arah gawang Jerman yang tidak disahkan, padahal bola yang ditendang Lampard sudah masuk melewati garis gawang Jerman.

Teknologi ini awalnya mengalami perdebatan saat akan diterapkan, namun akhirnya teknologi ini benar-benar digunakan pada ajang kompetisi Piala Dunia Antar Klub yang diselanggarakan di Jepang pada tahun 2012.

  1. Microchip Ball

Teknlogi yang ada di sepak bola selanjutnya adalah microchip ball. Teknologi yang menanamkan chip pada bagian dalam sebuah bola ini mempunyai fungsi yang mirip dengan goal line technology, teknologi ini juga bisa membantu untuk menentuka bola sudah masuk ke gawang atau belum.

Selain itu, teknologi ini juga memiliki fungsi lainnya, yaitu dapat membantu menentukan bola sudah keluar lapangan pertandingan atau masih di dalam lapangan.

  1. Intercom

Saat kalian menonton pertandingan sepak bola, apakah kalian melihat ada sebuah benda yang menempel di telinga seorang wasit? Benda itu adalah intercom.

Intercom itu digunakan seorang wasit untuk berkomunikasi dengan para asisten wasit tersebut. Intercom itu sangat berguna agar para wasit dapat berdiskusi dengan para asistennya tentang keputusan-keputusan yang akan mereka ambil.

  1. Video Assistant Referee

Video Assistant Referee atau yang biasa disebut VAR merupakan teknologi yang baru diterapkan pada sekitar tahun 2018. VAR menjadi teknologi yang cukup terkenal belakangan ini. VAR merupakan teknologi terbaik yang pernah dikembangkan untuk dunia sepak bola.

VAR dapat membantu kinerja wasit dalam membuat sebuah keputusan pada momen-momen yang kontroversial. Ada 2 Cara kerja dari teknologi ini.

Cara yang pertama adalah, wasit utama yang berada di tengah lapangan akan mendapat bantuan dari beberapa asisten wasit yang berada dalam ruang kontrol video untuk melihat tayangan ulang kejadian yang dianggap kontroversial.

Cara yang ke 2 adalah ada sebuah layar yang di siapkan di pinggir lapangan untuk membantu wasit utama dalam melihat langsung tayangan ulang kejadian yang dianggap kontroversial.

Teknologi ini juga kerap menghadirkan drama-drama yang terjadi pada sebuah pertandingan, contohnya adalah dianulirnya gol Manchester City yang di cetak oleh Raheem Sterling di semi final Liga Champion saat melawan Tottenham Hotspur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode