Search
Generic filters
Exact matches only

Tekom University Dukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka

0
4 weeks ago

BANDUNG, Telkom University – Telkom University (Tel-U) menjadi salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) yang mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program MBKM diluncurkan Kemendikbud-Ristek bulan Januari tahun 2020. Sejak Maret 2020, Tel-U mendeklarasikan MBKM yang diimplementasikan dalam berbagai program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh Sivitas Akademikanya.

Menindaklanjuti dukungan pada Program MBKM, Telkom University bersama Dirjen Dikti Ristek Kemendikbud-Ristek menggelar kegiatan ‘Pelaksanaan Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian PTS’ pada Rabu (14/12) di Trans Luxury Hotel, Bandung.

Telkom University termasuk satu dari 25 perguruan tinggi cluster 1 yang berhasil mendapat dana hibah Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian.

Kegiatan berisi arahan dari Kemendikbud-Ristek terkait panduan serta tahapan-tahapan yang harus dilakukan setiap tim penerima hibah. Arahan disampaikan oleh Rektor, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kerja Sama serta Direktor Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Telkom. Pembicara lainnya disampaikan oleh Tim Ahli Parman Sukarno, Ph.D dan Umar Ali Ahmad Ph.D, serta strategi pengelolaan program disampaikan oleh Kepala Bagian Penelitian, Kepala Bagian Pengabdian Masyarakat, Jurnal, dan Publikasi, Kepala Urusan Penelitian, dan Kepala Urusan Data dan Keuangan.

Menurut Panduan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian, hasil-hasil riset dan pengabdian kepada masyarakat didorong menuju hilirisasi untuk menyelesaikan berbagai persoalan di masyarakat melalui transformasi perguruan tinggi dalam konsep MBKM, sehingga membawa kebermanfaatan bagi semua. Perguruan tinggi dituntut mendorong Sivitas Akademikanya yaitu dosen dan mahasiswa untuk aktif tak hanya di dalam kampus namun juga di luar kampus dengan melakukan proses pembelajaran yang kolaboratif dan inovatif.

Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian memiliki sejumlah manfaat. Pertama, meningkatkan jumlah penelitian. Kedua, hasil-hasil penelitian dapat bermanfaat untuk memecahkan masalah di masyarakat. Terakhir, pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan perguruan tinggi akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BANDUNG, Telkom University – Telkom University (Tel-U) menjadi salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) yang mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program MBKM diluncurkan Kemendikbud-Ristek bulan Januari tahun 2020. Sejak Maret 2020, Tel-U mendeklarasikan MBKM yang diimplementasikan dalam berbagai program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh Sivitas Akademikanya. Menindaklanjuti dukungan pada Program MBKM,Read MoreTelkom University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode