Search
Generic filters
Exact matches only

Terapkan Prinsip 50, 30, 20 untuk Atur Keuangan Kamu

0
5 months ago

Sebagai seorang mahasiswa, apalagi ketika harus menjalani masa perkuliahan yang jauh dari orang tua, sudah selayaknya kamu dituntut untuk belajar hidup mandiri. Mengatur kebutuhan dasar sampai mengatur keuangan yang masih mengandalkan uang saku bulanan, semuanya harus serba sendiri.

Masalahnya, banyak mahasiswa yang masih belum bisa mengontrol dirinya untuk menggunakan uang yang ada dengan bijak. Cenderung berperilaku konsumtif, yang suka khilaf dalam hal berbelanja tanpa berpikir telebih dahulu apa kegunaannya. Sehingga uang cepat habis, dan tidak akan punya kesempatan untuk menabung secara rutin.

Nah, kalau kamu salah satu ciri mahasiswa di atas, sebaiknya kamu harus meninggalkan gaya hidup konsumtif itu karena akan membuat diri kamu menjadi orang yang boros. Mulai saat ini juga kamu harus lebih disiplin dalam mengelola keuangan pribadi. Kalau kamu masih bingung gimana caranya, coba terapkan prinsip 50, 30, 20!

Memang belum banyak yang tahu cara mengatur keuangan dengan prinsip ini. Aturan prinsip 50, 30, 20 dipopulerkan oleh Senator Elizabeth Warren dalam bukunya “All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan”, ia mengajarkan bagaimana bisa menyeimbangkan keuangan yang dimiliki dengan membagi pendapatan untuk dialokasikan menjadi beberapa bagian pos pengeluaran seperti 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan dan simpanan.

Tapi, sebelum kamu menerapkan prinsip ini, kamu harus menghitung terlebih dahulu berapa total uang saku bulanan yang kamu dapatkan dari orang tua.

  1. 50% Untuk Kebutuhan Dasar Sehari-hari

Kebutuhan dasar sehari-sehari seperti makan dan minum, tempat tinggal, listrik, pulsa, kesehatan transportasi, dan sebagainya merupakan tagihan yang mesti kamu bayar secara mutlak. Karena hal ini juga mencakup keperluan kamu untuk bertahan hidup. Usahakan alokasi kebutuhan ini sudah tercukupi sehingga kamu tidak perlu mengambil dari bagian lain agar tetap seimbang.

  1. 30% Untuk Keinginan

Walaupun sebagian besar berfokus pada kebutuhan, kamu juga perlu ruang untuk bersenang-senang memenuhi semua keinginan yang kamu mau dalam bagian 30%.  Cakupannya meliputi berbelanja, nonton di bioskop, liburan, sampai nongkrong di Kafe. Kamu nggak perlu khawatir kantong jebol karena sudah ada pembagian ini.

  1. 20% Untuk Tabungan dan Simpanan

Nah sisanya, kamu perlu alokasikan 20% untuk tabungan dan simpanan yang mencakup tambahan dana darurat, asuransi, maupun investasi. Nggak harus ditentuikan mau berapa biaya yang harus dikeluarkan, kamu bisa menyesuaikan pembagian alokasinya dengan keadaan finansialmu, asalkan presentasenya ngga lebih dari 20%. Membuat tabungan dan simpanan juga berguna bagi masa depan kamu ketika sudah menjelang hari tua.

Penerapan prinsip 50,30,20 dapat mengatur keuangan jadi lebih sederhana, sehingga kehidupan kamu akan seimbang tanpa takut kehabisan uang. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode