Search
Generic filters
Exact matches only

Ternyata Batak Mempunyai 400 Marga, Mengapa?

0
6 months ago

Marga atau nama keluarga adalah nama pertanda dari mana seorang tersebut berasal. Di Indonesia sendiri beberapa suku di Indonesia memiliki marga yang diwariskan secara turun temurun. Di Indonesia ada beberapa marga sesuai dengan sukunya, yaitu marga  Ambon, Arab Hadramaut, Batak, Lingga, Minahasa, Betawi Kristen, Nias, Sangir, Simalungun, Tionghoa, dan Lampung. Pemberian marga pun berbeda-beda tiap masing-masing suku. Begitu juga dengan marga bagi suku Batak. Suku yang berasal dari Sumatera ini memberi marga secara patrilineal atau dari ayah. Selain itu, jika seorang perempuan Batak menikah dengan pria Batak maka marga suaminya akan ditambahkan pada namanya, misal nama gadisnya adalah Hasea Marsaulina Harahap dan marga suaminya adalah Siregar, maka nama dia setelah menikah adalah Hasea Marsaulina Siregar boru Harahap. Selain itu, marga di Batak juga berdasarkan sub etnisnya masing-masing, seperti Batak Angkola, Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Toba, dan lain-lain. Jika dihitung ada 400 lebih marga untuk suku Batak.

Marga tersebut merupakan identitas utama bagi orang-orang Batak. Hal ini disebabkan beberapa alasan di bawah ini.

  • Marga berfungsi sebagai bukti penerus garis keturunan.

Bagi orang Batak, terutama anak laki-laki marga sangat penting karena dia lah yang akan meneruskan marga keluarga kepada garis keturunannya.

  • Marga menandakan silsilah orang tersebut.

Marga merupakan pertanda dari mana orang tersebut berasal berdasarkan silsilah keluarganya. Hal ini penting karena merupakan identitas diri dalam suatu pergaulan, serta etika dan tata krama dalam memanggil seseorang.

  • Marga bisa menentukan jodoh seseorang.

Di Batak ada larangan bahwa tidak boleh ada pernikahan dengan marga yang sama. Menurut nenek moyangnya apabila orang Batak menikah dengan marga yang sama maka akan mengakibatkan kecacatan pada keturunannya. Oleh karena itu, penting apabila ketika ingin berkenalan harus saling memberitahukan marga, untuk menghindari saling jatuh cinta dengan satu marga.

  • Marga bisa membuat seseorang menjadi akrab di tanah perantauan.

Orang-orang Batak terkenal suka merantau untuk bekerja atau menempuh pendidikan. Marga membuat mereka semakin akrab di tanah perantauan karena merasa memiliki persamaan nasib.

Itulah beberapa alasan mengapa marga sangat penting bagi orang-orang Batak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode