Search
Generic filters
Exact matches only

Ternyata Mencabut Bulu Hidung Berbahaya, Lho!

0
6 months ago

Bulu hidung yang panjang dan lebat biasanya akan membuat seseorang risih dan tidak nyaman karena mengganggu penampilan, terutama bagi wanita. Salah satu cara menangani bulu hidung yang panjang dan lebat adalah dengan mencabutnya agar tetap bisa menjaga penampilan. tetapi tidak semua orang tahu jika hal tersebut dapat membuat munculnya masalah kesehatan.

Sama seperti anggota tubuh yang lain, bulu hidung juga memiliki peranan penting dalam kesehatan tubuh. Fungsi bulu hidung atau silia ini untuk melindungi kesehatan paru-paru. Saat kita bernapas, bulu hidung akan berperan penting untuk menyaring partikel-partikel kecil seperti debu, bakteri, jamur, atau apapun yang berbahaya yang masuk ke dalam hidung. Selain itu, bulu hidung juga dibantu oleh lendir untuk memerangkap partikel jahat tersebut agar tidak mudah masuk ke saluran pernapasan.

Saat anda memutuskan untuk mencabut bulu hidung, hal pertama yang akan dirasakan pastinya nyeri dan iritasi. Kondisi tersebut membuat bagian dalam hidung rentan dihampiri oleh kuman dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu, bulu hidung yang dicabut secara paksa juga bisa menyebabkan pendarahan atau mimisan karena bulu hidung bersenggolan langsung dengan pembuluh darah di dalam hidung.

Hal yang tak kalah penting, saat bulu hidung dicabut makan pertahanan terhadap partikel jahat akan menghilang. Sehingga berbagai partikel jahat akan masuk kedalam saluran pernapasan dan akan memicu peradangan hingga radang paru-paru.

Perlu diketahui jika mulut dan hidung merupakan area rawan karena keduanya berhubungan langsung pada otak. Pada area tersebut, pembuluh darah balik atau vena akan bercampur dengan darah dari hidung serta darah dari otak. Jika partikel jahat masuk kedalam hidung maka akan mudah pula masuk ke otak melalui pembuluh darah balik atau vena dan bisa menyebabkan infeksi mematikan seperti meningitis atau abses otak.

Sebaiknya jangan mencabut bulu hidung secara keseluruhan. Cukup gunting bulu ujung bulu hidung yang memanjang dan keluar dari lubang hidung agar hidung tetap memiliki pertahanan dan kamu terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode