Search
Generic filters
Exact matches only

Ternyata Minum Sambil Berdiri Berbahaya, Lho!

0
7 months ago

Memenuhi kebutuhan air dalam tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan. Tubuh akan mendapatkan banyak manfaat jika kita rutin minum air putih.  Untuk itu setiap orang harus mengkonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhannya. Namun dibalik pentingnya mengkonsumsi air putih, ada hal lain yang perlu diperhatikan yaitu posisi tubuh saat minum. Mungkin yang banyak diketahui orang adalah ketika makan dan minum haruslah sambil duduk. Lalu apakah hal ini berpengaruh jika seseorang minum sambil berdiri?

Memang belum ada pembuktian dengan pasti mengenai bahaya minum sambil berdiri. Namun ada baiknya kita lebih waspada sebelum dampak negatif menyerang tubuh. Lalu apa saja kemungkinan bahaya dari minum sambil berdiri?

Minum sambil berdiri dapat memberikan tekanan pada dinding perut. Hal tersebut terjadi karena air yang diminum akan langsung masuk lurus dari esofagus menuju perut, sehingga menimbulkan kerusakan pada area di sekitarnya. Bahaya lain yang tidak disadari saat minum sambil berdiri adalah bisa memicu radang sendi. Hal tersebut terjadi karena minum sambil berdiri bisa mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh dan menyebabkan adanya penumpukan cairan di sendi. Hal tersebut dapat memicu munculnya radang sendi.

Posisi saat minum akan berkaitan dengan air yang diminum. Air yang masuk dengan tekanan yang tinggi dapat mempengaruhi saluran sistem biologis manusia. Jika hal ini terus terjadi dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Minum sambil berdiri juga dapat menekan suplai oksigen ke seluruh tubuh sehingga menghambat beberapa fungsi organ dalam tubuh. Hal lain yang dapat timbul dari minum sambil berdiri adalah beresiko menimbulkan masalah jantung dan paru. Hal tersebut terjadi karena menegangnya saraf kelana yang hampir tersebar di semua bagian usus. Hal ini bisa berbahaya jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Maka dari itu tidak dianjurkan minum sambil berdiri. Lebih baik minum sambil duduk, selain lebih sopan juga dapat memberikan manfaat kesehatan. Saat posisi duduk, sistem saraf akan jauh lebih rileks dan tidak menimbulkan ketegangan pada tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode