Search
Generic filters
Exact matches only

Tidak Hanya Kesehatan Fisik, Pastikan Kamu Juga Merawat Kesehatan Mental

0
8 months ago

Dalam hidup terkadang kita akan mengalami situasi yang sulit untuk dihadapi sehingga membuat stress bahkan depresi. Saat kita mengalami hal tersebut tanpa sadar kesehatan mental kita sebenarnya sudah terganggu. Seperti yang dijelaskan dalam buku yang ditulis oleh Daradjat berjudul Kesehatan Mental, terdapat empat hal yang berpengaruh besar dalam kesehatan mental seseorang. Hal tersebut adalah perasaan, pikiran atau kecerdasan, kelakuan, dan kesehatan badan. Secara tidak langsung, keempat hal tersebut sangat berpengaruh pada kondisi mental seseorang. Jika satu atau seluruh hal tersebut terganggu maka akan memunculkan dampak buruk dalam hidup seseorang.

Tentu kita tidak ingin kesehatan mental sampai terganggu. Nah, ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kualitas mental. Beberapa di antaranya:

Memiliki aktivitas rutin. Pastikan kamu memiliki aktivias rutin seperti bekerja, belajar atau kegiatan sehari-hari seperti melakukan hobi. Saat tubuh kita bergerak dan melakukan aktivitas maka pikiran kita akan terfokus pada hal yang sedang kita lakukan. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan mental, lho

Beristirahat dan menjaga kualitas tidur. Terdengar sederhana tetapi dengan tidak memforsir tubuh dan tidur cukup akan membuat badan kembali segar dan siap kembali beraktivitas. Selain itu saat tidur juga menjadi waktu bagi diri beristirahat dari emosi-emosi yang kira rasakan.

Olahraga secara rutin. Saat berolahraga tubuh akan menghasilkan hormon endorphin yang akan membantu menyingkirkan stress dan meningkatkan suasana hati. Olahraga juga dipercaya mampu menangkal stress, kecemasan, dan depresi sehingga dapat menjaga kesehatan mental kita.

Belajar berpikir positif. Menumbuhkan dan selalu memelihara pikiran positif dapat membuat kita menjalani hari-hari tanpa perlu kecemasan sehingga dapat menghindarkan kita dari stres dan depresi.

Memiliki self image yang positif. Jika kita memandang positif diri kita, maka efek positif akan kita rasakan. Biasakan menggunakan kata-kata yang baik dan lebih positif untuk menghindari masalah kesehatan mental.

Bersyukur. Sederhana memang, tetapi ternyata hanya dengan membiasakan diri untuk bersyukur dapat mengurangi beban hidup dan bisa mempengaruhi perasaan bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode