Search
Generic filters
Exact matches only

Tidak Harus Tenaga Medis, Siapapun Harus Memiliki Kemampuan Ini

0
7 months ago

Pada dasarnya, semua orang harus memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang pertolongan pertama. Pertolongan pertama adalah  pemberian pertolongan segera kepada penderita atau cedera yang memerlukan penanganan medis dasar. Kemampuan ini bermanfaat untuk menyelamatkan jiwa penderita, mencegah cacat, dan memberikan rasa nyaman serta dapat menunjang proses penyembuhan. Berikut adalah beberapa hal dasar yang harus diketahui jika ingin melakukan pertama.

  • Pertolongan pertama untuk mengatasi memar

Memar biasanya disebabkan adanya benturan atau pukulan sehingga menyebabkan permukaan kulit berwarna biru keunguan. Perubahan warna ini disebabkan oleh oleh pecahnya pembuluh darah dan akhirnya darah menjadi menggumpal. Pertolongan pertama bagi penderita memar adalah mengompres dengan es batu. Es batu dapat mempersempit pembuluh darah yang bocor dan dapat memulihkannya secara perlahan. Perlu diingat apabila ada memar di tubuh sebaiknya menghindari mandi dengan air hangat karena akan memperburuk kondisi.

  • Pertolongan pertama untuk mengatasi kulit terbakar

Penyebab kulit terbakar berbagai macam, seperti tidak sengaja kena benda panas, terciprat minyak panas, air panas, dan sebagainya. Apabila luka bakarnya cukup parah sebaiknya langsung dibawa ke IGD. Apabila luka bakarnya masih tergolong ringan alirkan air dingin yang mengalir ke bagian luka bakar, fungsinya adalah untuk menormalkan suhu kulit yang terbakar supaya tidak melepuh. Selain itu, jangan sekali-kali memberikan pasta gigi pada luka bakar karena akan menyebabkan iritasi.

  • Pertolongan pertama saat tertusuk serpihan benda asing

Ketika tertusuk benda asing, seperti kayu, serpihan kaca, logam, dan lainnya, maka benda tersebut harus segera diambil. Apabila tidak segera diambil, maka bisa menimbulkan infeksi. Ambil benda asing tersebut dengan menggunakan pinset. Setelah itu, cuci area tubuh yang tertusuk benda asing dengan sabun dan oleskan salep anti bakteri.

 

  • Pertolongan pertama untuk luka terbuka

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan ada mencucinya dulu dengan air mengalir dan sabun. Kemudian keringkan perlahan dan beri obat luka kemudian perban supaya terhindar dari bakteri dan kuman. Hindari mencuci luka dengan alkohol karena akan menimbulkan sensasi panas dan rasa terbakar pada luka.

  • Pertolongan pertama untuk mimisan

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan untuk mimisan adalah mengompres hidung menggunakan tisu atau kain, tahan selama 10 menit atau sampai mimisan berhenti. Jangan memasukkan tisu atau kain ke dalam hidung sambil menengadahkan kepala ke  belakang karena darah bisa tertelan ke tenggorokan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode