Search
Generic filters
Exact matches only

Tidak Merokok Tetapi Menjadi Perokok, Kok Bisa?

0
7 months ago

Merokok menjadi suatu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Namun, tahukah kamu semua jika dampak negatif merokok tidak hanya dirasakan oleh pelaku tetapi juga memberi dampak buruk bagi orang lain yang bahkan tidak merokok.

Ketika seseorang merokok, sebagian besar asap yang dihasilkan akan dilepaskan ke udara, sehingga asap tersebut dapat dihirup oleh siapa saja. Asap rokok yang dilepaskan tidak bisa menghilang begitu saja. Asap dapat bertahan di udara hingga 2,5 jam. Orang lain yang tidak merokok tetapi terpapar dan menghirup asap orang dari orang yang merokok tersebut disebut perokok pasif. Semakin sering seorang perokok pasif terpapar asap rokok, maka semakin tinggi pula resiko gangguan kesehatan yang mungkin dialami. World Health Organization (WHO) memperkirakan terdapat lebih dari 7 juta kematian yang terjadi akibat penyakit yang ditimbulkan oleh asap rokok setiap tahunnya. Sekitar 890.000 kasus kematian terjadi pada perokok pasif.

Asap rokok mengandung beberapa jenis bahan kimia seperti hidrogen sianida yang merupakan gas beracun yang digunakan dalam senjata kimia dan pengendalian hama, benzena yang merupakan zat kimia di dalam bensin, formaldehida yang merupakan bahan pengawet untuk membalsem mayat, dan karbon monoksida yang merupakan gas beracun di dalam knalpot mobil. Paparan asap rokok yang terhirup dapat berdampak buruk baik sementara maupun dalam jangka panjang. Gejala yang dapat timbul diantaranya seperti iritasi mata, sakit kepala, batuk,sakit tenggorokan, dan pusing. Seorang perokok pasif dapat meningkatkan resiko terserang kanker paru-paru sebanyak 25%. Resiko penyakit jantung koroner juga bisa mengancam perokok pasif. Semua dampak buruk tersebut terjadi karena kandungan bahan kimia berbahaya yang ada di dalam asap rokok.

Merokok tidak disarankan bagi kesehatan. Banyak dampak buruk dari merokok baik kepada perokok aktif maupun orang-orang yang ada di sekelilingnya. Akan ada banyak dampak negatif yang menghantui hingga mengakibatkan kematian. Jika kamu perokok sebagainya segera berhenti dan mulai membangun pola hidup sehat. Untuk yang tidak merokok usahakan agar selalu menghindari asap rokok terutama jika sedang berkumpul atau di tempat umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode