Search
Generic filters
Exact matches only

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Cara Menghalau Virus

0
6 months ago

Tubuh kita memiliki sistem imunitas yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan. Sistem imun yang baik akan melindungi tubuh kita dari berbagai serangan virus dan penyakit. Sebaliknya, jika sistem imun kita sedang lemah, maka kuman-kuman dan virus dapat dengan mudah menimbulkan berbagai infeksi.

Saat ini dunia sedang diserang wabah virus COVID-19. Virus ini akan lebih rentan menyerang seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Untuk itu perlu kita meningkatkan imunitas tubuh agar dapat bekerja dengan optimal dan tubuh tidak mudah terserang penyakit. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, beberapa langkah di bawah ini dapat dilakukan, di antaranya:

Konsumsi makanan bergizi dan perbanyak konsumsi sayur dan buah. Selalu pastikan asupan nutrisi tercukupi. Beberapa penelitian menunjukkan, jika orang yang sering mengkonsumsi sayur dan buah cenderung tidak mudah terserang penyakit. Hal tersebut dikarenakan sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat memperkuat imunitas tubuh.

Rutin berolahraga. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, lakukan olahraga secara teratur. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Salah satu bentuk olahraga yang mudah dilakukan yaitu rutin berjalan kaki.

Istirahat yang cukup. Pastikan waktu istirahat tercukupi. Waktu beristirahat untuk orang dewasa idealnya sekitar 7-8 jam. Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga tubuh akan rentan terserang penyakit.

Berusaha sebaik mungkin untuk menghindari stress. Stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Dengan tingginya kadar kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh dan mengganggu kerja sistem imun dalam melawan infeksi. Kelola stress dengan baik agar sistem imun tetap terjaga.

Konsumsi suplemen penunjang daya tahan tubuh. Mengkonsumsi suplemen dapat menjadi alternatif untuk memperkuat daya tahan tubuh. Suplemen untuk memperkuat daya tahan tubuh memiliki kandungan vitamin seperti vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, vitamin E, zinc picolinate, dan sodium selenite yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

Lakukan langkah-langkah di atas untuk memastikan daya tahan tubuh selalu terjaga. Daya tahan yang bagus merupakan kunci untuk melawan virus termasuk COVID19 yang sekarang menjadi momok menakutkan di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode