Search
Generic filters
Exact matches only

Tips Berolahraga saat Kalian Di Rumah Aja

0
6 months ago

Seperti yang kalian tau, akibat dari wabah pandemi virus corona yang menyerang di berbagai negara diseluruh negara memaksa kita untuk melakukan segala aktivitas di rumah aja, seperti bekerja, sekolah, dan lain sebagainya. Pemerintah bahkan melarang kita untuk tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyeberan virus corona tersebut.

Walaupun kita tetap harus bekerja, sekolah, dan melakukan aktivitas lainnya di rumah, kita tetap harus menjaga kebugaran tubuh kita dengan cara berolahraga. Olahraga ini perlu dilakukan karena saat kita bekerja atau belajar di rumah, kita akan cenderung hanya duduk diam saja saat melakukan aktivitas tersebut.

Duduk terlalu lama akan mengakibatkan gangguan kesehatan pada tubuh kita. Duduk dalam waktu yang terlalu lama ditambah dengan posisi duduk yang tidak nyaman dapat membuat tulang leher kalian tegang dan membuat punggung kalian akan terasa nyeri. Hal ini dikarekan saat kalian duduk terlalu lama, ada tekanan tambahan pada tulang belakang dan cakram yang menysyn tulang belakang sehingga dapat menyebabkan sakit leher dan sakit pada tulang belakang kalian.

Duduk terlalu lama juga dapat melemahkan kekuatan kinerja otak kalian lho! Hal ini disebabkan karena peredaran darah dan oksigen ke otak kalian akan berjalan lebih lambat karena tidak aktifnya anggota tubuh untuk bergerak. Saat tubuh kalian digerakkan, maka otot akan bergerak memompa darah dan oksigen ke otak dan akan memicu pelepasan zat kimia dalam otak.

Karena hal tersebutlah kalian tetap harus melakukan olahraga walaupun kalian harus tetap di rumah aja. Ada beberapa tips yang perlu kalian lakukan nih saat kalian berolahraga di rumah.

Pertama, kalian harus menjaga rutinitas berolahraga kalian. Rutinitas itu sendiri memegang peranan penting saat kalian berolahraga di rumah selama masa pandemi wabah virus corona ini. Seorang psikolog Mayo Clinic asal Amerika Serikat, Craig Sawchuk mengatakan bahwa di masa pandemi wabah virus corona ini, akan sangat mudah masyarakat untuk melakukan gaya hidup rebahan selama terus menerus.

“Untuk itu, perlu membuat rutinitas harian di mana latihan fisik menjadi salah satu hal yang harus dilakukan setiap hari. Berolahraga setiap hari dapat memberikan perasaan terapeutik dan mengembalikan kehidupan menjadi lebih normal,” kata Sawchuk berdasarkan apa yang dilansir di  Wall Street Journal.

Lakukanlah olahraga secara rutin minimal 150 menit per pekan. 45 menit sampai dengan 90 menit per sesi sebanyak 3-4 hari dalam sepekan.

Untuk kalian yang terbiasa olahraga angkat beban dan menggunakan alat-alat di gym, kalian bisa mengganti alat beban tersebut dengan barang alternatif lain yang ada disekitar kalian. Kalian bisa menggunakan tas ransel yang diisi dengan buku sebagai bebannya. Kalian juga bisa menggunakan galon air ataupun botol air untuk melakukan angkat beban. Oiya, olahraga bodyweight seperti push up, sit up, dan lain sebagainya juga bisa lho menjadi alternatif.

Selain melakukan tips olahraga yang sudah dijelaskan di atas, kalian juga harus mengimbanginya dengan menjaga pola makan kalian. Kalian harus mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang setiap harinya agar tubuh kalian tetap sehat dan bugar dan daya tubuh kalian menjadi kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode