Search
Generic filters
Exact matches only

Tips Menabung untuk Liburan Menyenangkan

0
6 months ago

Siapa yang tidak ingin liburan? Liburan salah satu kegiatan menyenangkan tetapi banyak yang tidak melakukannya karena tidak memiliki dana yang cukup. Padahal, kamu dapat liburan jika memiliki perencanaan yang baik. Tidak hanya merencanakan destinasi dan kapan kamu akan mengunjunginya, kamu juga harus merencanakan biaya yang akan kamu keluarkan dengan menabung. Buat yang susah dan punya segudang alasan untuk tidak menabung, ini tips untuk kamu:

Menabung di awal bulan. Jangan sampai salah, menabung harus dilakukan ketika kamu baru gajian bukan dari sisa gaji kamu. Langsung sisihkan 30% gaji kamu untuk ditabung sebelum mengalokasikan sisanya untuk berbagai kebutuhan bulanan kamu. Dengan cara ini dipastikan setiap bulan kamu akan memiliki tabungan rutin yang tidak hanya berguna untuk liburan tetapi juga saat kamu dalam kondisi sulit.

Menabung setiap minggu.  Menabung akan efektif jika dilakukan secara konsisten. Mulai sekarang biasakan untuk menabung secara berkala, misalnya setiap minggu dengan menentukan hari untuk menabung. Nominalnya tidak perlu besar yang penting kamu konsisten melakukannya.

Membuat celengan khusus liburan. Yup, celengan khusus! Tabungan semua uang kembalian, recehan, atau sisa uang mingguan kamu ke celengan ini. Kalau malas, kamu tinggal membayangkan destinasi impian agar kembali bersemangat untuk menabung. Jangan gunakan dana ini selain untuk liburan, ya!

Atur sesuai budget. Tidak ada yang salah dengan bermimpi tetapi jangan sampai kamu memaksakan diri untuk mengunjungi destinasi impianmu. Jika budgetmu belum cukup, kamu bisa mengubah destinasi liburanmu atau menunda liburan sampai tabunganmu memadai.

Mengurangi gaya hidup komsumtif. Kebiasaan sehari-hari seperti nongkrong, belanja online shop, dan lain-lain akan membuat pengeluaran semakin tidak teratur. Kamu dapat memotong pengeluaran setiap minggu dengan bijak. Belajar untuk menghemat dalam mengatur pengeluaran dan menghindari gaya hidup konsumtif agar liburan kamu dapat maksimal.

Tidak berhutang hanya untuk liburan. Demi memuaskan keinginan terkadang tidak memperkirakan risiko yang bisa diterima. Jangan memaksakan liburan dengan mengandalkan uang yang berasal dari hasil hutang, karena akan meningkatkan pikiran stress saat liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode