Search
Generic filters
Exact matches only

Tips Menentukan Laptop yang Akan Dibeli

0
5 months ago

Saat ini ada banyak jenis dan model laptop yang beredar di pasaran. Tidak aneh mengingat laptop sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting baik itu untuk belajar, mengerjakan tugas, hingga bekerja. Pastinya hal tersebut akan membuat orang-orang perlu membeli dan bingung untuk menentukan laptop seperti apa yang harus dibeli.

Agar terhindar dari kejadian salah membeli laptop yang justru tidak akan membantu aktivitas Anda, berikut ada beberapa tips sebelum membeli laptop.

Tentukan kebutuhan. Untuk menentukan laptop apa yang akan dibeli, kita harus mengetahui apa yang akan digunakan dengan laptop ini. Tentukan apakah laptop digunakan untuk:

  • kebutuhan ringan seperti mengetik, browsing, mendengarkan musik, dan memainkan game-game ringan.
  • kebutuhan menengah yang berhubungan dengan grafik dan warna, desain, editing, dan memainkan game tingkar menengah. Selain untuk kebutuhan kerja, laptop juga digunakan sebagai sarana hiburan.
  • kebutuhan berat biasanya digunakan untuk bermain game-game berat dengan jangka waktu yang cukup lama, membutuhkan performa yang stabil, dan kualitas tampilan yang jernih dan tajam.

Perhatikan jenis dan spesifikasi laptop. Saat sudah menentukan kebutuhannya apa kita bisa menentukan spesifikasi laptop yang sesuai. Mulai dari jenis prosesor yang digunakan, jenis graphics processing unit (GPU) apa yang ditawarkan, kapasitas RAM yang digunakan, ukuran layar laptop, dan detail spesifikasi lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Sesuaikan budget. Penting untuk menentukan budget yang kita miliki sesuai dengan laptop yang ingin kita beli. Karena semakin tinggi spesifikasi laptop makan semakin tinggi juga budget yang harus disiapkan.

Memastikan garansi dan layanan purnajual. Garansi merupakan hal yang penting karena menjadi acuan suatu produk memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Pastikan juga jika lokasi service center dekat dengan lokasi anda atau setidaknya ada di kota anda karena hal tersebut akan memudahkan jika kita untuk mengklaim jika terjadi kerusakan.

Cek kelengkapan sebelum meninggalkan toko. Pastikan mengecek seluruh kelengkapan laptop mulai dari dus, unit laptop, charger, buku panduan, buku garansi, hingga kwitansi pembelian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode