Search
Generic filters
Exact matches only

Tips Mengatur Keuangan Selama Pandemi

0
6 months ago

Menghadapi situasi dan kondisi yang di luar perkiraan memang butuh strategi khusus. Terlebih jika berhubungan dengan ekonomi atau keuangan. Saat pandemi ini banyak sekali dari kita yang mau tidak mau harus mampu mengatur keuangan lebih teliti lagi.

Dalam mengatur keuangan di saat pandemi, dibutuhkan strategi khusus yang melibatkan kemampuan, kesanggupan, juga kesabaran. Sebab banyak dari kita yang terpaksa harus mengubah gaya hidup untuk menyesuaikan kondisi ekonomi di tengah pandemi.

Kondisi Keuangan Tidak Stabil adalah Hal Wajar. Langkah pertama yang harus dilakukan ialah memahami bahwa ketidakstabilan kondisi keuangan di tengah pandemi ini merupakan hal wajar. Jadi Anda bisa menghindari stress dan mencoba ‘menerima’ apa pun yang sedang terjadi saat ini.

Dengan lebih memahami, Anda pun bisa lebih berpikir kreatif dan lebih maju. Tidak melulu kecewa dan marah dengan kondisi yang sedang dihadapi. Termasuk dalam mengatur keuangan pribadi, ataupun keluarga..

Membedakan Kebutuhan dan Keinginan. Selanjutnya, Anda wajib bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Anda bisa membuat catatan seputar apa saja yang dibutuhkan dan rasanya wajib dipenuhi. Kemudian catat juga beragam keinginan di kolom berbeda. Hal ini akan membuat Anda mengerti cara membedakan kebutuhan dan keinginan.

Menabung Walau Hanya Sedikit. Meski sedang menghadapi kondisi ekonomi yang sedang tidak stabil, Anda bisa tetap berusaha menabung. Minimal menyimpan sisa uang dan tidak menghabiskannya begitu saja. Menabung walau jumlahnya hanya sedikit secara rutin akan menjadi simpanan yang bisa Anda gunakan di kemudian hari.

Anda akan masih memiliki ‘pegangan’ untuk hari-hari esok yang tidak bisa kita prediksi. Kegiatan menabung ini bisa dikemas dengan adanya target tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode