Search
Generic filters
Exact matches only

Tumbuhan Penghasil Gula Pasir / Putih – Tebu

0
6 months ago

Jika kalian disuruh menebak nama tumbuhan yang ada pada gambar diatas, tidak jarang jika banyak diantara kalian yang menjawab bambu atau rotan. Namun faktanya, tumbuhan diatas adalah tebu. Tebu (bahasa Inggris: sugar cane dan bahasa ilmiah: Saccharum officinarum Linn) merupakan tumbuhan yang ditanam untuk bahan baku gula. Uniknya, tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis. Oleh karena negara kita mempunyai iklim tropis dan lahan tanah kosong yang luas, maka Indonesia menjadi salah satu negara penghasil gula dan vetsin terbesar di dunia.

Di Indonesia tebu banyak dibudidayakan di pulau Sumatra dan Jawa dan dibutuhkan kurang lebih 1 tahun usia tebu sejak mulai ditanam hingga dapat kita panen.

Bagi Kalian kaum milenial tentunya kebanyakan dari kalian sangat menyukai makanan atau minuman berasa manis bukan? Sumber penghasil rasa manis hanya didapat dari madu, gula pasir/gula putih, dan gula aren/gula merah. Bagi kalian yang belum mengetahui proses pembuatan gula pasir/putih, berikut akan dijelaskan beberapa proses tahapan untuk pembuatannya. Pertama-tama batang tebu yang sudah dipanen diperas dengan mesin pemeras/mesin press diĀ  Sesudah itu, nira atau air perasan tebu tersebut disaring, dimasak, dan diputihkan sehingga menjadi gula pasir yang kita kenal. Dari proses pembuatan tebu tersebut akan dihasilkan hanya 5% gula ampas tebu sebanyak 90% dan sisanya berupa tetes molase dan air. Dan keunikan lain dari tumbuhan monokotil ini adalah daunnya dapat dikeringkan dapat dijadikan sebagai bahan bakar hayati untuk memasak karena mengandung biomassa yang mempunyai nilai kalori cukup tinggi dan sedikit sekali polutan. Sehingga dengan kita menggunakan bahan bakar ini, maka kita dapat membantu mengurangi dampak dari pencemaran lingkungan atau udara.

Jika kalian ingin bermain ke perkebunan tebu, maka kalian sangat dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang mampu menutup seluruh tubuh, karena tumbuhan ini memiliki bentuk fisik yang terdapatn bulu-bulu dan duri sekitar pelepah dan helai daun dan jika disentuh atau tersentuh maka akan menyebabkan rasa gatal. Kondisi inilah yang kadang kala menjadi salah satu penyebab kurang berminatnya petani berbudidaya tebu. Tinggi tanaman bervariasi tergantung daya dukung lingkungan dan varietas, antara 2 sampai 4 meter dengan diameter batang antara 1 sampai 4 cm. Dan tentunya tumbuhan tebu memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Apakah kalian memiliki keinginan untuk mendirikan usaha perkebunan tebu?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode