Search
Generic filters
Exact matches only

Ujian Nasional Dihapuskan Lalu Bagaimana dengan Skripsi?

0
8 months ago

Pemerintah resmi meniadakan Ujian Nasional Tahun 2020. Kebijakan ini diberlakukan untuk tingkat dasar (SD/MI), menengah pertama (SMP/MTS), maupun menengah atas (SMA/MA). Keputusan peniadaan Ujian Nasional 2020 ini adalah salah satu bagian dari respon pandemi COVID-19 yang tengah melanda saat ini. Peniadaan Ujian Nasional dinilai sejalan dengan himbauan physical distancing untuk memotong rantai penyebaran COVID-19.

Kebijakan peniadaan Ujian Nasional ini tentunya disambut positif oleh siswa-siswi yang sedang menempuh jenjang pendidikan tersebut. Hal ini menimbulkan kecemburuan di kalangan para mahasiswa tingkat akhir. Mereka menuntut agar skripsi atau tugas akhir sebagai syarat dan penentu kelulusan juga ditiadakan. Menurut mereka pandemi COVID-19 membuat situasi dan kondisi menjadi sulit untuk melakukan penelitian, bimbingan, dan mengerjakan skripsi atau tugas akhir. Penelitian lapangan sudah pasti terganggu karena himbauan physical distancing, sedangkan bimbingan online sebagai pengganti bimbingan tatap muka dinilai tidak efektif.

Para mahasiswa juga berpendapat bahwa tetap diadakannya skripsi atau tugas akhir di tengah pandemi COVID-19 ini akan menimbulkan masalah lain seperti tertundanya kelulusan akibat terkendala dengan penyelesaian skripsi atau tugas akhir, jika kelulusan tertunda maka biaya sudah pasti akan bertambah, dan waktu pun juga akan terbuang sia-sia.

Akan tetapi, pemerintah tidak sependapat dengan pernyataan-pernyataan tersebut. Skripsi atau tugas akhir tidak akan ditiadakan karena digunakan untuk menjaga kualitas lulusan dengan menilainya melalui karya tersebut. Selain itu skripsi atau tugas akhir dapat menunjukkan reputasi dan kualitas universitas tersebut. Tetap diadakannya skripsi atau tugas akhir juga didukung oleh Najwa Shihab dan Gubernur Jawa Barat, yaitu Ridwan Kamil. Menurut mereka tidak perlu banyak mencari alasan lebih baik #dirumahaja sambil menyelesaikan skripsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode