Search
Generic filters
Exact matches only

Untuk dan Bermanfaat – Lidah Buaya (Aloe Vera)

0
6 months ago

Siapa yang tak mengenal tanaman lidah buaya?. Mungkin banyak dari  kalian yang mengetahuinya. Lidah buaya atau yang sering kita kenal dengan sebutan Aloe vera adalah spesies tanaman dengan daun berdaging tebal dan berlendir dari genus Aloe. Tanaman ini tidak memiliki  batang atau berbatang pendek, dengan tinggi hingga 60–100 cm dan dapat berkembang biak dengan tunas. Daun pada tanaman ini mengandung senyawa-senyawa fitokimia seperti senyawa polimanan, antrakuinon C-glikosida, manan terasetilasi dan senyawa antrakuinon lain seperti emodin dan senyawa-senyawa lektin. Bagi kalian yang masih terdengar asing oleh sebutan dari senyawa-senyawa di atas, untuk mempermudahnya maka pada intinya aloe vera mengandung senyawa senyawa yang merupakan suatu asam amino, vitamin, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, dan lainnya.

Karena bentuknya yang unik, maka seringkali tanaman ini dijadikan sebagai tanaman hias. Namun tak hanya itu, Lidah buaya juga sering dimanfaatkan sebagai obat dari bahan alami ataupun untuk kesehatan yang  salah satunya adalah untuk menyembuhkan luka karena lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi. Salah satu senyawa yang terdapat pada lidah buaya adalah polifenol. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang kuat sehingga mampu menghambat perkembangan bakteri yang berbahaya penyebab penyakit. Hal lainnya adalah

Sebagai obat diabetes. Karena mengandung vitamin yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Namun apabila kalian mengkonsumsi lidah buaya yang terlalu banyak maka dapat merusak hati, hal ini tentunya berdasarkan riset beberapa penelitian.

Khasiatnya banyak digunakan sebagai perawatan tubuh bagi manusia yaitu mencegah penuaan dini. Lidah buaya dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kalian bisa menggunakan lidah buaya untuk melawan munculnya kerutan dan tanda penuaan pada kulit wajah. Kandungan yang ada pada daun lidah buaya juga dapat  merawat kesehatan rambut dan kulit kepala.

Bagi kalian yang malas sekali cuci tangan, kalian tentu mengenal hand sanitizer. Uniknya, tanaman ini juga berperan sebagai bahan dasar hand sanitizer. Cara membuatnya cukup mudah. Kalian hanya perlu mencampurkan setengah cangkir gel lidah buaya dengan setengah cangkir alkohol dan beberapa tetes minyak esensial. Campuran tersebut nantinya dapat membersihkan tangan, melembutkan kulit, dan juga mengharumkan kulit. Setelah kalian mengetahui banyak sekali manfaat dari tanaman ini, apakah kalian juga ingin membudidayakannya dirumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode