Search
Generic filters
Exact matches only

Vitamin D untuk Meningkatkan Iminutas Tubuh

0
8 months ago

Pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan social distancing guna meminimalisir penyebaran COVID19. Meskipun tidak sedikit penderita bisa disembuhkan, namun penyebaran COVID19 tergolong mudah dan cepat. Orang yang terlihat sehat belum tentu tidak terpapar virus ini karena masa inkubasi yang cukup lama jadi tidak menimbulkan gejala apapun. Oleh karena itu, imunitas perlu dijaga supaya tidak mudah drop dan sistem imun tubuh bisa menangkal virus ini. Selain itu pemerintah juga mengkampanye #dirumahaja dengan tujuan untuk meminimalisir masyarakat bepergian dan saling bertemu agar imunitas  tubuh meningkat.

Ada berbagai macam cara untuk meningkatkan imunitas tubuh seperti makan makanan yang bergizi, rajin berolahraga, tidur yang cukup, dan jika diperlukan supply vitamin. Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, bisa diperoleh dengan cara berjemur di bawah sinar matahari. Akan tetapi, tidak sedikit masyarakat yang tidak ada waktu untuk berjemur walau hanya 15 menit. Hal ini disebabkan oleh padatnya aktivitas mereka setiap harinya. Bahkan beberapa orang didiagnosa kekurangan vitamin D.

Kekurangan vitamin D harus diwaspadai karena dapat meningkatkan resiko terjadinya beberapa penyakit, seperti osteoporosis, penyakit infeksi (pneumonia, sepsis, TBC), depresi, sakit kepala, demensia, diabetes, obesitas, dan penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, asupan vitamin D harus tercukupi agar tetap sehat dan memiliki sistem imun yang kuat.

Vitamin D juga terdapat di beberapa makanan seperti produk susu, telur, minyak ikan, dan makanan laut. Akan lebih baik lagi jika diimbangi juga dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 15-30 menit, setidaknya 3 kali dalam seminggu. Bagi beberapa orang yang sebelumnya tidak ada waktu untuk berjemur, himbauan pemerintah untuk #dirumahaja dapat dimanfaatkan untuk berjemur supaya vitamin D tepenuhi dan imunitas diharapkan bisa meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode