Search
Generic filters
Exact matches only

Warna Yang Menawan – Burung Parkit

0
6 months ago

Bagi kalian pecinta burung, tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan burung yang ada pada gambar di atas, ya ia adalah burung parkit.  Burung parkit adalah salah satu dari banyak spesies nuri kecil hingga menengah yang tersebar hampir di seluruh negara di dunia. Ciri ciri burung ini  umumnya memiliki bulu ekor panjang.  Burung kecil ini merupakan salah satu jenis burung yang dapat berkicau dan menghasilkan suara (jika dilatih) serta warna bulu yang indah. Hal itu menyebabkan terjadi permintaan yang cukup tinggi untuk jenis burung yang satu ini sebagai hewan peliharaan, dan sebagai burung kontes dalam suatu perlombaan. Tingginya angka permintaan burung menjadi cukup menjanjikan sebagai salah satu prospek usaha.

Beberapa fakta unik dari burung parkit antara lain, burung parkit jantan dikenal sangat setia terhadap pasangannya hal ini bisa ditunjukkan dengan sikap setia dari burung parkit jantan pada saat menunggu sang betina bertelur, Parkit betina rata-rata bertelur sebanyak lima butir, Telur memerlukan waktu sekitar 18 sampai 20 hari untuk menetas, Parkit dapat hidup 10 tahun atau lebih dan bahkan dalam beberapa kasus yang jarang, parkit dapat hidup hingga 30 tahun, Makanan utama parkit terdiri dari biji-bijian dan buah-buahan, Di alam liar burung ini membuat sarang di semak-semak atau di pohon, Jenis burung yang memiliki paruh bengkok ini merupakan jenis burung yang hidup secara berkoloni atau kelompok sehingga akan mudah membaur dengan burung sejenis, Walaupun burung parkit bisa dijinakkan namun burung parkit juga tidak berbeda jauh dengan burung lain yang cenderung memiliki temperamen liar.

Parkit terdiri dari sekitar 115 spesies burung yang merupakan beo pemakan biji berukuran kecil, bertubuh ramping, dan ekornya panjang dan lentik. Spesies parkit yang paling umum adalah Budgerigar Australia , juga dikenal sebagai “budgie”. Budgerigar ini adalah spesies parkit paling populer yang dipelihara sebagai hewan peliharaan di Amerika, Asia dan Eropa. Hal ini dikarenakan Budgerigar adalah sahabat yang baik untuk segala usia dan dapat dengan mudah dilatih. Dan hebatnya, burung parkit menjadi hewan peliharaan paling populer ketiga di dunia setelah kucing dan anjing.

Hal ini karena burung parkit banyak dijual di toko hewan peliharaan dengan harga yang murah dan terjangkau dan bahkan hewan ini tidak termasuk dalam kelompok burung eksotis sehingga harga kandang dan aksesoris dapat melebihi harga burung. Namun jika Burung kecil ini sudah sangat terlatih dan dapat berkicau dan menghasilkan suara yang merdu serta warna bulu yang indah (memiliki sertifikat dari ajang lomba/kontes) maka tidak bisa dipungkiri jika harga burung ini bisa mencapai ratusan juta Rupiah. Apakah kalian ingin memelihara burung parkit juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode