Search
Generic filters
Exact matches only

Waspada, Kenali Gejala-Gejala Flu Ini

0
6 months ago

Flu dapat dikatakan sebagai penyakit langganan saat musim pancaroba tiba. Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu hampir mirip dengan batuk pilek pada umumnya, namun ternyata flu dan pilek disebabkan oleh virus yang berbeda. Biasanya kondisi flu lebih buruk dibandingkan pilek biasa.

Flu disebabkan oleh virus influenza. Penularan virus ini bisa melalui udara yang sudah tercemar virus influenza atau tertular dari orang yang sudah terinfeksi. Penularan tersebut dapat terjadi melalui bersin atau menyentuh benda-benda yang sudah terpapar virus tersebut.

Sebelum seseorang terserang flu, biasanya tubuh akan menunjukan beberapa gejala. Flu biasanya mempengaruhi anggota tubuh lainnya, tak hanya hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Gejala-gejala yang biasanya dirasakan oleh tubuh diantaranya demam, badan pegal-pegal, sakit kepala atau batuk kering. Beberapa gejala lain yang mungkin dirasakan adalah hidung tersumbat atau berair, sakit tenggorokan bahkan hingga hilangnya nafsu makan dan badan menggigil serta lemas.

Gejala-gejala tersebut muncul dua hingga tiga hari setelah tubuh terinfeksi virus. Umumnya flu dapat sembuh dengan sendirinya karena imun tubuh yang akan melawan virus tersebut. Beberapa obat diberikan untuk meringankan gejala-gejala yang dirasa dapat mengganggu aktivitas serta mempercepat proses penyembuhan. Untuk penderita flu disertai demam, disarankan untuk meminum obat penurun demam. Obat penurun demam juga dapat mengurangi gejala nyeri dan pegal-pegal pada tubuh. Perawatan terbaik untuk menangani flu juga perlu dilakukan dengan beristirahat di rumah, perbanyak minum air putih, hindari kontak dengan orang lain agar tidak menularkan virus, dan pastikan kondisi tubuh selalu dalam keadaan hangat.

Itulah gejala-gejala flu yang perlu kita ketahui. Dengan mengetahui gejala-gejala tersebut, kita dapat melakukan penanganan yang tepat agar flu tidak semakin parah dan dapat segera membaik, sehingga kita dapat beraktivitas dengan nyaman kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode