Search
Generic filters
Exact matches only

Whitelist! Senjata Ampuh Pemerintah Blokir IMEI Ponsel Illegal di Indonesia

0
8 months ago

18 April 2020 nanti, pemerintah memastikan aturan International Mobile Equipment Identity (IMEI) akan berlaku di Indonesia secara efektif. Saat peraturan ini berlaku, semua ponsel Black Market (BM atau yang illegal masuk ke indonesia tidak akang bisa digunakan lagi.

Cara yang dilakukan pemerintah untuk merealisasikan aturan tersebut adalah dengan skema Whitelist.

Skema Whitelist ini membuat ponsel BM yang sejak awal terdeteksi tidak akan mendapat jaringan telekomunikasi maupun data ponsel. Saat tanggal 18 April 2020 nanti, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memerintahkan seluruh operator yang beroperasi di Indonesia untuk memutus jaringan telekomunikasi dan data ponsel BM. Ponsel-ponsel BM yang IMEInya tidak terdaftar tersbut tidak akan bisa lagi menikmati jaringan telekomunikasi dan data dari seluruh operator yang ada di Indonesia.

Pemerintah menerapkan kebijakan ini untuk melindungi konsumen Indonesia dalam membeli ponsel. “Kami berkomitmen melalui pengendalian IMEI. Pengendalian IMEI dilaksanakan untuk melindungi konsumen agar membeli perangkat yang sah dan ada payung hukum yang sah,” kata pak Ismail, Direktur Jenderal SDPPI Kominfo saat selesai rapat dengan Kementrian Perdagangan dan Kementrian Perindustrian di kantor Kominfo, Jakarta pada Jumat (28/2/2020).

Lalu, gimana dong buat kalian yang sudah menggunakan ponsel BM sebelum tanggal 18 April 2020 nanti? Nah Pak Ismail juga punya jawabannya nih, “Perangkat yang sudah aktif sebelum masa berlaku 18 April 2020 akan tetap dapat tersambung ke jaringan bergerak seluler sampai perangkat tersebut tidak ingin digunakan lagi atau telah rusak. Tidak diperlukan registrasi individual”, jelas pak Ismail.

Oiya, saat aturan ini berlaku pada tanggal 18 April 2020 nanti, kalian masih bisa membeli ponsel dari luar negeri. Tapi, kalian harus bayar pajak pertambahan nilai (PPN) 10 persen dan pajak penghasilan (PPh) sebesar 7,5 persen agar dapat digunakan di Indonesia.

Jadi, sebelum kalian membeli ponsel, cek dulu yuk IMEI yang ada di ponsel yang akan kalian beli tersebut. Agar nantinya kalian bisa memastikan ponsel tersebut aman untuk dibeli atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode