Search
Generic filters
Exact matches only

Yang Muda Yang Berkolesterol, Kok Bisa?

0
7 months ago

Pernah mendengar yang namanya kolesterol tinggi? Ya, kolesterol merupakan sejenis zat lemak yang terdapat di dalam darah. Kolesterol diperlukan tubuh agar organ bisa berfungsi dengan baik. Lalu apa yang salah dengan kolesterol? Nah, kolesterol akan menjadi masalah kesehatan jika kadarnya melebihi ukuran normal yang seharusnya ada di dalam tubuh. Jika terjadi, hal tersebut bisa menghambat aliran darah dan menimbulkan gangguan kesehatan.

Sebelum membahas lebih jauh, kita harus kenal jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh:

High density lipoprotein (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik. Kenapa disebut baik? Kolesterol ini akan berperan membawa kelebihan kolesterol keluar dari tubuh dalam bentuk urin, tinja atau keringat. Semakin tinggi kadar HDL dalam tubuh, maka akan semakin baik bagi kesehatan.

Low density lipoprotein (LDL) yang dikenal sebagai kolesterol jahat. Jenis kolesterol yang satu ini menjadi kebalikan dari HDL, semakin tinggi kadar LDL dalam tubuh maka akan meningkatkan resiko penyumbatan pembuluh darah.

Trigliserida dibawa oleh Very low-density lipoprotein (VLDL). Jenis kolestrol ini yang terbanyak di dalam tubuh. Hampir serupa dengan LDL, jika jumlahnya berlebihan makan Trigliserida dan LDL akan menumpuk di pembuluh darah sehingga menghambat aliran darah.

Berdasarkan data dari ata dari Centers for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat menunjukan bahwa angka kolesterol tinggi pada tubuh ternyata bisa ada pada seseorang sejak usia muda. Di tahun 2015-2016, ada lebih dari 12% orang berusia 20 tahun ke atas memiliki kolesterol tinggi dengan level LDL (low density lipoprotein) lebih dari 240 mg/dL. Sementara itu, 18% memiliki HDL (high density lipoprotein) yang jumlahnya kurang dari 40 mg/dL. Pada umumnya kolesterol jahat mudah sekali meningkat karena penerapan gaya hidup yang tidak sehat.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti makan makanan yang berlemak tinggi seperti makanan siap saji atau junk food, kurangnya aktivitas olahraga dan makan yang terlalu banyak mengandung gula dapat membuat kolesterol tinggi meski baru berusia muda. Maka dari itu mulailah terapkan gaya hidup sehat dan perbanyak aktivitas olahraga, hindari mengkonsumsi makanan siap saji terlalu sering dan berilah tubuh asupan makanan yang bergizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode