Search
Generic filters
Exact matches only

Yuk, Isi  Akhir Pekan dengan Mengunjungi  Museum di Jakarta

0
6 months ago

Tahukah  kamu kalau Jakarta  tidak  hanya  menawarkan banyak destinasi wisata tetapi juga memiliki banyak museum dengan koleksi menarik. Tidak hanya cocok untuk mengisi kegiatan akhir pekan, berkunjung ke museum juga dapat menambah wawasan terutama sejarah negara yang kita cintai ini. Rencanakan akhir  pekan  dengan mencari tahu tentang museum-museum di Jakarta yang dapat menjadi pilihan kamu dan keluarga. Ini beberapa museum yang menarik:

Museum Nasional

Museum yang didirikan oleh pemerintah Belanda  pada tahun 1778  ini mengoleksi  berbagai  benda kuno  dari  seluruh nusantara seperti  arca,  prasasti,  barang   kerajinan   dan benda sejarah lainnya. Di sini kamu bisa mempelajari sejarah Indonesia seperti, prasasti, arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia, dan kerajinan atau  kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Dulu museum ini  disebut Museum  Gajah karena  terdapat patung gajah ikonik di depan bangunan museum. Sampai sekarang masyarakat Jakarta masih  menyebut museum ini sebagai  “Gedung Gajah” atau “Museum Gajah”.

Museum Perangko Indonesia

Museum Perangko memamerkan koleksi aneka perangko Indonesia dan luar negeri. Di tempat ini, kamu dapat melihat terdapat 6 ruang pamer yang menyajikan informasi tentang koleksi perangko yang mereka miliki. Bangunan pada sisi lain museum berfungsi sebagai kantor pos. Sedangkan pada pelataran dalam terdapat tugu berbentuk bola dunia dengan seekor burung merpati yang bertengger di atasnya dengan membaca sepucuk surat yang melambangkan visi dan misi PT Pos Indonesia.

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia berlokasi dekat dengan wisata kota tua Jakarta. Museum ini memiliki arsitektur kuno khas zaman Belanda. Bank Indonesia menghadirkan museum Bank Indonesia sebagai pusat pengetahuan terkait peran mereka dalam perjalanan sejarah bangsa, termasuk memaparkan latar belakang kebijakan Bank Indonesia yang diambil dari waktu ke waktu.

Museum M.H Thamrin

Museum ini menyediakan benda-benda peninggalan M.H Thamrin seperti piring antik, kursi, radio, meja makan, foto bersejarah, serta kereta jenazah M.H Thamrin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode