Search
Generic filters
Exact matches only

Yuk, Kenali Jenis Kulit Wajah Sebelum Memilih Rangkaian Perawatan

0
6 months ago

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat? Setiap orang pasti menginginkan hal tersebut terutama bagi para wanita. Berbagai perawatan dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah bersih dan sehat. Namun, sebelum memilih perawatan apa yang akan dilakukan, perlu diketahui bahwa setiap orang mungkin memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda bahkan bisa berubah.

Perbedaan jenis kulit wajah juga bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor lingkungan, faktor genetik, dan adanya penyakit tertentu. Untuk menentukan perawatan, kita perlu mengetahui apa jenis kulit wajah kita. Berikut merupakan berbagai jenis kulit yang perlu diketahui.

Kulit wajah normal. Jenis kulit wajah yang satu ini menjadi jenis kulit yang paling diidam-idamkan banyak orang. Pasalnya, jenis kulit wajah normal lebih mudah dirawat. Biasanya jenis kulit wajah normal memiliki jumlah kandungan air dan minyak yang seimbang. Tipe kulit wajah ini biasanya jarang memiliki masalah kulit, pori-pori yang hampir tidak terlihat, dan lebih bercahaya.

Kulit wajah kering. Jenis kulit wajah yang satu ini biasanya cenderung kasar, bersisik, mudah pecah-pecah, dan terasa gatal. Hal ini terjadi karena rendahnya tingkat kelembapan pada lapisan kulit terluar. Pada jenis kulit ini, pori-pori dan garis kulit akan terlihat dengan jelas.

Kulit wajah berminyak. Jenis kulit wajah berminyak biasanya disebabkan karena produksi sebum dari kelenjar minyak di bawah permukaan kulit yang berlebih. Jenis kulit ini dapat dengan mudah diketahui karena memiliki ciri-ciri permukaan kulit cenderung licin dan mengkilap baik di seluruh wajah maupun hanya di beberapa daerah wajah saja. Sebenarnya, sebum bermanfaat untuk melembabkan wajah. Namun, jika jumlah sebum berlebih akan membuat kulit menjadi berminyak dan membuat pori-pori tersumbat sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah kulit seperti jerawat.

Kulit wajah kombinasi. Jenis kulit wajah yang satu ini merupakan kombinasi antara jenis kulit kering dan berminyak. Biasanya wajah akan kering di beberapa area seperti pipi dan beberapa area akan berminyak terutama di daerah T-Zone.

Kulit wajah sensitif. Jenis kulit yang satu ini memiliki ciri-ciri kemerahan di kulit, kulit lebih kering, terasa gatal, dan ada rasa terbakar di permukaan kulit. Jika anda memiliki jenis kulit sensitif, perlu dicari tahu penyebabnya agar tidak salah dalam memilih perawatan dan terhindar dari iritasi.

Masing-masing orang perlu mengetahui jenis kulit wajahnya untuk menentukan perawatan apa yang cocok dan bisa memberikan hasil yang maksimal. Jika anda merasa bingung menentukan perawatan apa yang akan dilakukan sesuai dengan jenis kulit, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar tidak timbul permasalahan lain karena salah memilih perawatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode