Search
Generic filters
Exact matches only

Yuk mengenal lebih dekat tentang sejarah sistem operasi Android

0
6 months ago

Saat ini bagi kebanyakan pengguna smartphone di dunia OS atau sistem operasi yang digunakan adalah Android. Secara teknologi sendiri, Android merupakan sistem operasi yang mempunya dasar OS Linux namun dibuat khusus untuk perangkat dengan layar sentuh.

Awal mulanya, Android bukan dikembangkan oleh Google, melainkan oleh perusahaan yang bernama Android,Inc., namun Google memberikan dana kepada Android,Inc. untuk pengembangan Android. Pasar awal dari Android ditujukan untuk perangkat kamera digital, namun google dan Android,Inc. sadar bahwa pasar pada kamera digital kurang banyak peminat sehingga diputuskan bahwa Android untuk dijalankan pada perangkat smartphone.

Mereka juga ingin menyaingi sistem operasi lain yang saat itu sedang banyak digunakan yaitu OS Symbian dan Windows Mobile. Oleh sebab itu pada 17 Agustus 2005, Android OS secara resmi sudah diakuisisi oleh Google secara penuh. Tak hanya itu Google menjadikannya sebagai anak perusahaan. Jarak dua tahun setelah itu, sistem operasi Android resmi dirilis oleh Google bersamaan dengan didirikannya OHA atau Open Handset Alliance. OHA dibuat untuk mengembangkan standar terbuka bagi perangkat seluler.

HTC menjadi pabrikan smartphone pertama yang digandeng oleh Google untuk menjalankan sistem operasi Android. Smartphone tersebut bernama HTC Dream. Google merilis smartphone Android yang kita kenal dengan seri Nexus. Nexus bukan buatan Google sendiri, melainkan buat dari mitra produsen seluler google seperti HTC, Samsung dan LG.

Sistem Android sampai saat ini masih terus berkembang. Android OS memiliki ciri khas untuk memberikan nama makanan manis kepada setiap versi Android OS. Namun saat ini Android sudah membuat versi Android OS ke 10 mereka. Namun sangat disayangkan, Android versi 10 tersebut tidak melanjutkan ciri khas penamaan dengan nama makanan manis. Itulah sekilas tentang awal mula dari sebuah Android OS, semoga bisa menjadi manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode