Search
Generic filters
Exact matches only

Yuk mengenal tentang Virtual Private Network!

0
5 months ago

Virtual Private Network atau biasa disebut VPN merupakan sebuah layanan yang akan memberikan privasi dan anonimitas online ketika sedang melakukan kegiatan berselancar di dunia internet. VPN akan membuat jaringan penggunanya bersifat pribadi dengan cara menutupi IP Address penggunanya sehingga aktivitas yang dilakukan didunia maya tidak dapat dilacak. Layanan VPN juga memberikan jaminan keamanan koneksi yang menggunakan enkripsi untuk keamanan pengguna yang lebih terjamin. Saat ini banyak penyedia jasa VPN yang beredar, beberapa contoh yang menyediakan layanan VPN seperti TurboVPN dan ExpressVPN.

Pasti kalian penasaran bagaimana cara kerja pada VPN, untuk itu kami akan menjelaskan secara singkat dan jelas terkait cara kerja yang dilakukan oleh VPN. Pada dasarnya, VPN memiliki sebuah terowongan data antar jaringan lokal penggunanya dengan jaringan lokasi lainnya, oleh karena itu penggunanya terlihat seolah-olah berada di tempat lain. Contohnya ketika pengguna VPN mengaktifkan lokasi di Inggris maka si penggunanya VPN tersebut terlihat berasal dari Inggris padahal penggunanya sedang tidak di negara Inggris.

Menurut kami, VPN sangat berguna bagi para pengguna internet yang memanfaatkan fasilitas WiFi gratis yang ada di lokasi umum seperti café atau kantor, hal itu karena adanya resiko tereksposnya informasi serta data-data yang bersifat pribadi. Maka dari itu VPN dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi risiko tersebut apalagi jika menggunakan layanan WiFi gratis yang ada di tempat umum. Dengan menggunakan VPN maka informasi seperti histori browsing, IP lokasi, lokasi untuk streaming, perangkat yang digunakan dan semua aktivitas web akan disembunyikan oleh VPN. Untuk itu bagi kalian yang membutuhkan keamanan data ketika menggunakan WiFi di tempat umum maka dapat menggunakan VPN sebagai salah satu cara untuk melindungi data kalian. Itulah informasi singkat dan pembahasan tentang VPN, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode