Search
Generic filters
Exact matches only

Zumba, Olahraga yang Lagi Kekinian

0
7 months ago

Beberapa tahun terakhir ini zumba menjadi olahraga favorit para kaum Hawa. Di Indonesia sendiri olahraga zumba sudah tidak terlalu asing lagi. Hampir di semua tempat latihan fitnes dan senam menyediakan fasilitas ini. Zumba sendiri merupakan olahraga sejenis Aerobik, karena keseluruhan gerakannya merupakan gerakan yang sebagian berasal dari gerakan aerobik.

Zumba lebih digemari dari pada olahraga kardio lainnya karena zumba dapat membakar lemak dan mengencangkan otot. Selain itu jenis musik dan tarian Zumba yang bernada menyenangkan ternyata dapat meningkatkan produksi hormon endorfin didalam tubuh, sehingga membakaran kalori lebih banyak.

Zumba sendiri pertama kali ditemukan oleh Beto Perez yang berasal dari Columbia, Amerika Selatan pada tahun 2001. Kata zumba itu sendiri berasal dari bahasa Collumbia tersebut, yang biasa disebut “zum-zum”, yang artinya “gerak cepat”.

Jadi ceritanya si Beto ini ingin mengajar senam aerobik. Tapi, dia tidak membawa CD senam aerobik yang biasa dia lakukan. Tidak hilang akan, Beto lalu berinisiatif untuk mengambil semua CD yang ada di mobilnya yang bergenre Latin, salsa, meringue, rumba, hingga reggaeton. Kemudian Beto mencoba untuk membuat gerakan-gerakan senam yang dikombinasikan dengan gerakan tarian latin ke dalam kelas aerobik tersebut. Stelah kelas senam tersebut berakhir, ternyata dia mendapatkan respon positif dari murid-muridnya. Akhirnya sejak itulah sejarah Zumba tercipta dan kemudia Perez mematenkan kelas zumba ini di tahun 2001.

Sejak saat itu, zumba telah berkembang di 125 negara di dunia dan menjadi industri yang menyediakan latihan tari, pelatihan instruktur, game, juga pakaian zumba. Jenis tari yang digunakan pun makin bervariasi dan berkembang, diantaranya yaitu Samba, Cumbia, Merengue, Salsa, Reggae, Hip-hop, Mambo, Rumba, Flamenco, dan Calypso. Zumba lalu makin populer pada tahun 2003 di Amerika dan diibawa ke Indonesia pada tahun 2009, walau begitu zumba mulai diminati oleh masyarakat Indonesia baru sejak awal tahun 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode